Kumpulan Skripsi & Artikel Jurnal Ilmiah

2009

Gambaran konsumerisme dalam iklan di Majalah Perempuan

Filed under: Uncategorized — Tags: , , — dvanhlast @ 7:31 am

Author : YULIANI, EKA

Iklan merupakan satu bentuk komunikasi yang sangat sering dijumpai. Salah satu jenis media yang banyak digunakan untuk iklan adalah majalah. Tampilan iklan yang terkesan melebih-lebihkan mampu mempengaruhi konsumen untuk mengkonsumsi produk yang tidak diperlukan secara berlebihan sehingga timbullah budaya konsumerisme. Budaya konsumerisme membuat konsumen menjadikan barang yang dibeli sebagai ukuran status sosialnya. Salah satu target potensial dari iklan adalah perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran konsumerisme dalam iklan di majalah perempuan, dengan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan metode deskriptif dengan teknik analisa isi kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar iklan fashion yang ada pada Femina, Cosmopolitan dan Kartini mengandung unsur konsumerisme dan unsur yang mendominasi adalah previlege dan status. Sedangkan unsur romantisme dan sensualitas paling banyak terdapat pada majalah Cosmopolitan karena majalah ini adalah majalah lisensi luar negeri yang masih banyak berpedoman pada selera yang berlaku di negara induknya.

Keyword : consumerism, advertising, magazine

Sumber : http://repository.petra.ac.id/5238/

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: