Kumpulan Skripsi & Artikel Jurnal Ilmiah

2009

Penerapan business process analysis dalam rangka meningkatkan efisiensi biaya pada proses pemasaran PT. SS Utama di Surabaya

Filed under: Uncategorized — Tags: , , , — dvanhlast @ 7:31 am

Author : ARISONA, CHESY

Business Process Analysis sebagai kunci pertama dari Total Cost Manajemen merupakan teknik dasar dalam memahami, menganalisis, dan meningkatkan kinerja badan usaha yang tidak memandang badan usaha sebagai kumpulan fungsi yang terpisah, melainkan sebagai kumpulan proses. Teknik ini selain berorientasi terhadap kepuasan konsumen, juga berorientasi pada penurunan siklus waktu dan upaya meminimalkan biaya. Analisis yang dilakukan dimulai dengan mengembangkan business process model lalu mengembangkan definisi aktivitasnya kemudian melakukan process value analysis serta mengembang- kan rencana perbaikan. Sehubungan dengan hal tersebut maka permasalahan yang diangkat adalah ?bagaimana menerapkan business process analysis pada proses pemasaran PT. SS Utama sebagai upaya meningkatkan efisiensi biaya pemasarannya. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian deskriptif berupa studi kasus dengan objek penelitian PT. SS Utama. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Instrumen pengumpulan data dengan menggunakan pedoman wawancara dan metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara langsung dan tidak langsung (telepon), observasi, dan dokumentasi. Responden penelitian adalah kepala bagian pemasaran dan karyawan bagian pemasaran. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif serta mengikuti langkah-langkah dalam business process analysis. Dan hasil penelitian ditemukan adanya beberapa masalah dalam aktivitas- aktivitas yang dilakukan yang merupakan aktivitas yang tidak memberi nilai tambah (non value added activity) yaitu gaps, innefficiency dan waste yang harus dikurangi agar biaya menjadi efisien. Setelah dilakukan reduksi terhadap aktivitas yang mengandung masalah-masalah tersebut maka efisiensi terhadap biaya pemasaran PT. SS Utama dapat terlaksana.

Keyword : cost, accounting, business process analysis, marketing

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: